Teknologi Bioenergi | Buku Bagus

Teknologi Bioenergi

  • Sabtu, 10 November 2012
  • Katagori : , , , , ,
  • Bernadette Vina/ XI IPA 3/ 4

    Bioenergi Serta Pengembangannya

    Judul : Teknologi Bioenergi
    Penulis : Erliza Hambali, Siti Mujdalipah, Armansyah Halomoan Tambunan, Abdul Waries Pattiwiri, & Roy Hendroko
    Penerbit : AgroMedia Pustaka
    Tahun Terbit : 2008
    Tebal Buku : xiii + 110 halaman

    Seiring majunya zaman, teknologi semakin maju di mana perindustrian menjadi bidang perekonomian nomor satu di dunia. Hal ini menjadi sebuah kebanggaan sekaligus menjadi sebuah kekhawatiran. Bahan baku yang tidak memadai lagi mungkin untuk beberapa tahun ke depan ataupun tingginya harga bahan baku, gas hasil buangan yang merusak lingkungan. Mungkinkah hal itu dapat diatasi? Bagaimana caranya?

    Inilah yang ingin disampaikan dari buku ini, Teknologi Bioenergi. Buku ini menunjukkan bahwa penetapan pengembangan bioenergi menjadi sangat strategis untuk menjaga sustainability energi Indonesia di masa yang akan datang dilihat dari kondisi energi Indonesia saat ini, serta menyajikan pembahasan yang menyeluruh mengenai bioenergi, baik dari segi teknologi proses, sumber bahan baku, maupun karakteristik bioenergi yang dihasilkan.

    Erliza Hambali, dkk sebagai penulis dari buku ini merupakan orang-orang yang tidak baru berada dalam dunia sumber daya manusia dan teknologi ini. Pengajar di berbagai Fakultas Teknologi Pertanian, peneliti di berbagai Pusat Penelitian Surfaktan, serta peraih berbagai penghargaan atas keaktifannya dalam bidang tersebut. Selain itu, salah satu penulisnya yaitu Armansyah Halomoan Tambunan pernah menulis buku lainnya : Energi dan Listrik Pertanian yang menjadi buku ajar di Departemen Teknologi Pertanian, IPB. Begitu pula dengan buku ini yang bermanfaat sebagai buku ajar di Perguruan Tinggi dan juga bermanfaat bagi setiap insan yang ingin mengetahui pemanfaatan serta pengembangan bioenergi, serta mendukung kebijakan pemerintah tentang energi nasional.

    Dari sini, pembacanya dapat memahami bahwa bioenergi bukan saja mengurangi ketergantungan terhadap BBM, tetapi juga meningkatkan keamanan pasokan energi nasional dan meningkatkan kemampuan bagi sumber daya lokal sehingga diharapkan pembacanya dapat meningkat peran sebagai masyarakat dalam pembangunan nasional yang pada akhirnya baik untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.
    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar