Ilmu Logam | Buku Bagus

Ilmu Logam

  • Kamis, 08 November 2012
  • Katagori : , , , , ,

  • Agnes Michelle XI IPA 2 / 1
    Mengenal Ilmu Logam

    Judul Buku : Ilmu Logam Jilid 1
    Penulis : Drs. Syamsul Arifin
    Penerbit : Ghalia Indonesia, Januari, 1977
    Tebal buku : 124 halaman

    Kini semakin banyak benda-benda yang terbuat dari mesin. Kebanyakan mesin terbuat dari logam. Dalam pembuatan logam, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang perubahan struktur, sifat-sifat pada besi/ baja sewaktu diolah menjadi mesin-mesin industri.
    Buku ini ditujukan kepada siswa-siswa sekolah-sekolah teknik menengah dan untuk mahasiswa yang mempelajari metallurgy dan metallografis dengan tujuan agar pembaca mengenal ilmu logam sehingga pengetahuan tersebut dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam industri ataupun yang lainnya.
    Dalam buku ini, dijelaskan mengenai pengenalan logam dan paduan, proses pembuatan besi kasar dan baja, dan diagram pencampuran logam. Buku ini dikemas sedemikian rupa sehingga orang yang belum mengenal ilmu logam dapat mengerti isi buku. Isi daripada buku juga detail, terdapat diagram, gambar, rumus-rumus dan reaksi kimia yang dapat membantu pembaca untuk lebih mengenal ilmu logam. Cover buku memang sederhana tapi dari cover tersebut kita dapat segera mengetahui kalau buku itu berisi tentang ilmu logam, karena pada cover terdapat gambar dapur yang digunakan dalam pembuatan besi kasar.
    Pada bagian pertama, dituliskan pengenalan mengenai ilmu logam, penggunaan logam dan paduan, serta macam-macam logam dan paduan. Pada bagian kedua, dituliskan mengenai proses pembuatan besi kasardari tahap penggalian sampai tahap pengolahan besi, dapur tinggi yang digunakan untuk membuat besi kasar, bahan-bahan dalam proses dapur tinggi, dan proses serta hasil dari dapur tinggi tersebut. Pada bagian kedua dituliskan mengenai proses pembuatan baja. Perbedaan pokok dari pembuatan besi kasar dan baja adalah dapur yang digunakan. Pembuatan besi kasar hanya menggunakan dapur tinggi sedangkan pembuatan baja menggunakan berbagai macam dapur, misalnya : dapur listrik, dapur cawan, dll. Pada bagian keempat, dituliskan mengenai struktur dan paduan logam, diagram keadaan campur, akibat campuran logam, diagram besi karbon dan persenyawaan dua logam, heat treatment baja, penggolongan baja dan klasifikasi baja.
    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar