Pembunuh Berbahaya Itu Bernama Rokok | Buku Bagus

Pembunuh Berbahaya Itu Bernama Rokok

  • Kamis, 15 November 2012
  • Katagori : , , , , ,
  • XI IPA 1 - Gemma Priyanka"

    Judul buku : Pembunuh Berbahaya Itu Bernama Rokok
    Pengarang : Muhammad Jaya
    Penerbit : Penerbit Riz’ma
    Kota tempat terbit : Sleman
    Tahun terbit : 2009
    Tebal : 140 x 210 mm, 136 halaman
    Harga : Rp 24.000,00

    Banyak dampak negatif yang menyertai perokok, baik dari segi medis (kesehatan), psikologis, sosial, bahkan ekonomi bagi yang menyandunya. Sejak lama para peneliti dan dokter sepakat bahwa rokok menjadi salah satu biang penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru, TB, sakit jantung, stroke, impotensi, dan sebagainya.
    Hal inilah yang ingin disampaikan penulisnya, Muhammad Jaya. Ia prihatin akan kondisi masyarakat Indonesia, dimana Indonesia adalah negara dengan reputasi terburuk di seluruh dunia, bukan hanya untuk perokok aktif, tapi juga untuk perokok pasif pada pelajat usia 13-15 tahun.
    Buku ini juga menjelaskan sejarah dan jenis-jenis rokok ditinjau dari berbagai segi. Penulisnya juga menjelaskan bagaimana efek rokok terhadap tubuh manusia, racun pada rokok, serta masalah hukum di Indonesia mengenai rokok yang dinilai masih kurang tegas bila dibandingkan dengan negara lainnya.
    Penulis juga menjelaskan apa saja racun-racun dan zat kimia yang ada di dalam rokok. Dijelaskan bahwa ketika sebatang rokok terbakar, terbentuklah 4000 senyawa kimia, 200 di antaranya beracun, dan 43 lagi pemicu kanker. Racun utama pada rokok adalah nikotin, tar, dan karbon monoksida. Zat kimia yang dikeluarkan terdiri dari komponen gas dan partikel. Sebagian dari beribu-ribu zat dalam rokok misalnya nikotin, urethan, benzen, methanol, kumarin, akrolein, asetilen, benzaldehid, dll. Komponen gasnya adalah CO, amoniak, asan hidrosianat, formaldehid, dan nitrogen oksida. Sedangkan partikelnya berupa tar, indol, nikotin, karbarzol, dan kresol.
    Buku ini disampaikan menarik dan cukup jelas sehingga bisa membuat pembacanya mengerti akan bahaya merokok. Namun terkadang ada hal yang sama yang ditulis berulang-ulang.
    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar