Ekspedisi ke Planet Kimia | Buku Bagus

Ekspedisi ke Planet Kimia

  • Kamis, 15 November 2012
  • Katagori : , , , , ,
  • XI IPA 1 – 20 Marcella Hindarko

    Judul : Ekspedisi ke Planet Kimia : Perjalanan Seru Menemukan Kebesaran Allah
    Penulis : Shinta Dewi
    Penerbit : Kiblat Buku Utama, Bandung, Mei 2008
    Cetakan : ke-1
    Uk. buku : 20 cm x 28 cm
    Tebal : viii + 192

    Pasalnya buku-buku kimia yang beredar di masyarakat seperti yang dijual di toko buku umumnya adalah buku yang berbau serius. Yang mengajak pembacanya berpikir keras untuk dapat mengerti apa isi dibalik rangkaian tulisan di dalam buku itu. Tetapi berbeda dengan buku yang dikarang oleh Shinta Dewi. Buku dengen cover warna-warni dan gambar yang lucu jelas menarik pembaca usia muda seperti anak remaja maupun yang dewasa. Mereka yang telah bosan dengan jejeran tulisan pada buku pelajaran kimia dan novel kimia sangatlah tepat memilih buku ini untuk lebih mengenal dan mengerti kimia.
    Keunggulan buku ini sangatlah berbeda dengan buku kimia lainnya. Karena selain belajar kimia, kita juga diajak untuk mendalami agama. Berkali-kali Shinta Dewi menuliskan didalam bukunya bahwa semua berkat kebesaran Allah. Disamping itu semua, isi buku yang full colour dan penggunaan bahasa yang sederhana membuat buku ini mudah dimengerti bagi pembaca muda bahkan mereka yang berumur belasan tahun. Gambar yang menarik dengan tulisan yang besar sangat membantu pembaca untuk mengerti pelajaran kimia, tanpa merasa jenuh. Dengan keunggulan buku ini, pembaca diajak untuk masuk ke dalam dunia kimia yang sebenarnya adalah dunia mereka sendiri. Dan mereka menjadi tidak sadar bahwa sebenarnya mereka sedang belajar, bukan membaca novel atau sebuah buku dongeng. Hampir semua dasar-dasar kimia dapat kita pelajari dari buku ini. Dan di akhir buku terdapat halaman yang memuat soal-soal yang merupakan akhir dari ekspedisi kita ke planet kimia.
    Dibalik semua keunggulannya, buku ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah tentang ajaran agamanya. Buku ini seakan-akan diperuntukkan bagi mereka yang beragama Islam saja, karena isi ajaran agamanya, beberapa menggunakan bahasa arab yang tidak semua agama mengerti artinya. Selain itu, terbatasnya soal latihan dan pembahasannya membuat pembaca menjadi sulit untuk menerapkan teori yang mereka dapatkan pada soal-soal latihan dari buku lain.
    Buku ini sangat cocok dibaca oleh para pemula yang ingin mengenal kimia secara cepat dan menyenangkan. Buku ini sangat menghibur di kala kita merasa suntuk, karena kita diajak untuk menggali jawaban dan terus ingin mencari jawaban atas dunia kita sendiri yang ternyata berhubungan erat dengan ilmu-ilmu kimia.
    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar