Mengenal Teknik Pengawetan Kayu | Buku Bagus

Mengenal Teknik Pengawetan Kayu

  • Kamis, 15 November 2012
  • Katagori : , , , , ,
  • XI IPA 1 - 10 Febriani (Febi)

    Kayu Dan Cara Pengawetannya

    Judul buku: Mengenal Teknik Pengawetan Kayu
    Penulis: Ir. Tikno Iensufiie, M. Pd,
    Penerbit: Erlangga, 2008
    Tebal buku: 88 halaman

    Kayu adalah hasil dari tumbuhan berupa pohon dengan batang yang keras. Ada bermacam-macam jenis dan ukuran kayu, serta tingkat kekerasannya. Kayu sangat bermanfaat bagi manusia sejak zaman dulu kala, misalnya dimanfaatkan sebagai bahan bakar, bahan baku industri, konstruksi, bagian rumah, transportasi, furniture, alat musik, barang seni, dan masih banyak fungsi kayu lainnya.
    Kayu dapat digunakan dalam jangka panjang maupun jangka pendek, dan kayu yang digunakan untuk jangka waktu yang lama memerlukan perawatan khusus agar kayu lebih tahan lama. Buku ini disusun agar pembaca mengetahui bagaimana cara-cara yang dapat ditempuh untuk mengawetkan kayu agar kayu dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Buku ini dibagi dalam beberapa bab dan tiap bab diulas secara singat namun padat sehingga pembaca dapat dengan mudah mengerti secara umum tentang anatomi kayu, struktur kayu, faktor-faktor yang dapat mengakibatkan kayu menjadi rusak, jenis-jenis kerusakan kayu berdasarkan faktor penyebabanya, dan cara pengawetan kayu itu sendiri, yang meliputi teknik yang digunakan maupun bahan-bahan apa yang dapat digunakan untuk memperpanjang usia kayu tersebut.
    Kelebihan buku ini antara lain adalah buku ini berwarna, sehingga pembaca yang membaca buku ini tidak jenuh dan semakin tertarik untuk membacanya. Di buku ini juga dilampirkan beberapa gambar, foto, grafik, dan tabel yang sangat mendukung isi buku ini agar semakin mudah dipahami. Kelebihan lain buku ini adalah ulasannya yang sangat detail dimulai dari membahas anatomi dan struktur kayu yang mungkin berguna dalam teknik pengawetan kayu namun dapat dimengerti dengan mudah. Cetakan buku ini pun tergolong baik dengan kualitas tinta dan gambar yang cukup baik pula.
    lintasberita

    0 komentar:

    Poskan Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar