Rahasia Bahan Bakar Air | Buku Bagus

Rahasia Bahan Bakar Air

  • Kamis, 08 November 2012
  • Katagori : , , , , ,
  • Nine Kirana Ratih XI IPA 2/24

    Judul : Rahasia Bahan Bakar Air
    Pengarang : Poempida Hidayatullah dan F. Mustari
    Penerbit : UFUK PRESS
    Tahun Terbit : Cetakan I : Juni 2008
    Cetakan II : Juni 2008
    Cetakan III : Agustus 2008
    Kota Terbit : Jakarta
    Jumlah Halaman : 137 halaman


    Resensi :
    Poempida dan F. Mustari merupakan kedua orang yang berpengalaman dalam bidang teknik dan menuliskan hasil penelitian mereka ke dalam sebuah buku yang berjudul “Rahasia Bahan Bakar Air”. Dalam buku mereka ini dijelaskan secara cukup rinci mengenai sejarah awal penemuan bahan bakar air di dunia. Walau dengan susah payah ditemukan tetapi beberapa pihak yang tamak tidak menginginkan semua orang tahu akan teknologi murah yang dapat menghemat BBM dengan jumlah yang tidak sedikit. Beberapa penemunya dibunuh secara misterius karena hal ini.
    Misi kedua penulis juga disampaikan secara jelas tentang teknologi elektrolasi yang merupakan milik publik dengan keterbukaan untuk mendapatkan informasinya tanpa harus membayar sedemikian mahal karena BBA dikuasai oleh kelompok tertentu. Maka dengan dibuatnya buku ini, semua orang dapat mengakses, membaca, dan menerapkan teknologi murah dan ramah lingkungan ini.
    Penerapan teknologi ini diawali dengan cara kerja alat, yaitu Elektroliser dan Vaporiser dan hasil dari alat tersebut, yaitu gas HHO. Gas HHO tiga kali lebih irit dari bensin dan tidak mengakibatkan kebisingan pada mesin. Penulis juga menyebutkan kegunaan dari Brown gas ini, sehingga pembaca dapat mengetahui banyak kelebihan dari Brown gas.
    Hasil ujicoba pada penggunaan alat elektrolisa air pada kendaraan diberikan secara jelas dan konkret. Pembaca dapat mengetahui seberapa besar efisiensi yang diberikan. Setelah itu, pembaca diajak untuk membuat alat elektrolisa air dan mencoba mengaplikasikannya. Pada proses membuatannya, penulis memberikan ukuran yang jelas dengan gambar (bahkan terdapat dalam CD yang disertakan), larangan-larangan keras agar tidak terjadi kecelakaan dalam pembuatannya, cara memasang elektrolisa pada mobil, dan perawatan lanjutan pada alat yang telah terpasang pada mobil.
    Selain itu, penulis juga membeberkan peluang usaha dengan menjadi pembuat elektrolyser, beserta alat-alat yang memudahkan pekerjaan pembuatan. Diberikan pula penjelasan mengenai pembuatan multicell (lebih dari satu botol elektroliser air) lengkap dengan detail pemasangan, susunan mekanik, dan contoh nyata dari ujicoba yang pernah dilakukan sebelumnya. Bila ada gangguan dalam proses pembuatan elektroliser, penulis memberikan troubleshooting untuk memandu agar dapat membantu menyelesaikan gangguan tersebut.
    Buku ini memiliki cover yang menarik dan tulisan judul yang besar, sehingga mudah dibaca. Penyajian isinya juga enak dilihat, disertakan gambar-gambar pendukung. Sayangnya, gambar yang diberikan tidak berwarna, sehingga kurang menarik. Tiap awal bab terdapat catatan kecil yang penting. Catatan itu berupa kutipan yang dianggap penting oleh penulis dari bab yang akan dibahas. Di akhir buku terdapat glossary yang membantu pembaca bila menemukan kata yang tidak dimengerti. Buku ini disertai CD yang membantu pembaca memahami isi buku.
    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar