Kartun Kimia | Buku Bagus

Kartun Kimia

  • Jumat, 09 November 2012
  • Katagori : , , , , ,
  • Maya Vania Kelas/No. Absen : XI IPA 3/19



    IDENTITAS BUKU
    Judul : Kartun Kimia
    Judul Asli : The Cartoon Guide to Chemistry
    Penulis : Larry Gonick dan Craig Criddle
    Tebal Buku : vi + 250 halaman
    Penerbit : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
    Cetakan : Cetakan Pertama, Februari 2006
    Cetakan Kelima, Desember 2008
    Dimensi : 17,5 cm x 22 cm

    RESENSI BUKU
    Mungkin beberapa orang mendapati bahwa kimia merupakan hal yang sulit untuk dipahami atau dipelajari, padahal berbagai proses kimia selalu terjadi di sekeliling kita dan berada sangat dekat dengan kita tanpa kita sadari. Kimia juga sangat penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, mendorong manusia untuk mempelajari kimia lebih jauh lagi.
    Namun fakta ini tidak menghapus persepsi khalayak umum bahwa mempelajari kimia tidak mudah.
    Larry Gonick dan Craig Criddle berusaha menghapus persepsi ini melalui karya mereka, ‘Kartun Kimia’. Craig Criddle yang merupakan seorang profesor teknik lingkungan dan sains serta rekannya Larry Gonick yang merupakan seorang kartunis, bersama membuat buku ‘Kartun Kimia’ berisikan sejarah dan dasar-dasar kimia yang sangat pas untuk orang-orang yang masih awam dengan ilmu itu. Dengan ilustrasi yang mendukung, bahasa yang sederhana, penjelasan yang mudah dimengerti, dan lelucon yang menghibur, buku ini membuat kimia menjadi sesuatu yang tidak membosankan dan menarik untuk dipelajari.
    ‘Kartun Kimia’ secara keseluruhan mengulas 12 bab yang berjudul ‘Bahan-bahan Tersembunyi’, ‘Zat Menjadi Listrik’, ‘Kebersamaan’, ‘Reaksi Kimia’, ‘Kalor Reaksi’, ‘Zat Dalam Suatu Wujud’, ‘Larutan’, ‘Laju Reaksi dan Kesetimbangan’, ‘Asam Basa’, ‘Termodinamika Kimia’, ‘Elektrokimia’, dan ‘Kimia Organik’.
    Pada bab pertama, ‘Bahan-bahan tersembunyi’, penulis mengulas tentang sejarah lahirnya ilmu kimia dan perkembangannya. Mereka mendefinisikan kimia sebagai ilmu yang menyingkap sifat-sifat tersembunyi zat. Lalu pada bab kedua, ‘Zat Menjadi Listrik’, dijelaskan mengenai atom yang tersusun atas unsur-unsur listrik, komposisi atom, tabel periodik unsur, dan segala hal berkaitan dengan elektron. Bab ketiga yang berjudul ‘Kebersamaan’ membahas tentang sifat logam yang elektropositif dan nonlogam yang elektronegatif. ikatan antar ion don molekul, Teori Bentuk-Ruang dan Ikatan Orbital, tambahan tentang Struktur Lewis dan molekul-molekul bermuatan, dan polaritas. Secara keseluruhan, bab ketiga ini membahas tentang subatom.
    Bab keempat memperkenalkan Anda dengan ‘Reaksi Kimia’. Mulai dari dasar-dasar pembakaran, kombinasi, dan dekomposisi, konsep mol, reaksi kimia sederhana dalam kehidupan sehari-hari, reaksi redoks, sampai bilangan oksidasi. Kemudian pada bab kelima yang bertajuk ‘Kalor Reaksi’, Larry dan Craig mendefinisikan reaksi-reaksi sebagai bentuk transfer energi, lalu menjelaskan energi potensial dan energi kinetik, kalor dan temperatur, energi internal, kapasitas kalor, kalorimetri, entalpi, dan kalor pembentukan. Setelah itu Anda akan sejenak diajak untuk mempelajari wujud-wujud zat padat, cair, dan gas, dan berbagai gaya antar molekul dalam bab keenam, ‘Zat Dalam Suatu Wujud’. Bab ketujuh, ‘Larutan’, membahas tentang larutan itu sendiri, konsentrasi, keterlarutan, pembekuan, dan pendidihan. Bab selanjutnya, ‘Laju Reaksi dan Kesetimbangan’, menjelaskan proses-proses dalam reaksi dengan lebih terperinci. Di bab ini diulas tentang laju reaksi, arah tabrakan, reaksi dari jarak dekat, katalis, reaksi-rekasi pada tingkat yang lebih tinggi, kesetimbangan, Asas Le Chatelier, Proses Haber, serta faktor-faktor yang mempengaruhi laju rekasi.
    Bab kesembilan, ‘Asam Basa’, membahas mengenai Sifat larutan yang bisa asam atau basa, keasaman (pH), ionisasi, penetralan dan garam, titrasi, hasil reaksi keterlarutan, bagaimana pH mempengaruhi keterlarutan, dan penyangga (buffer). Lalu bab kesepuluh akan mengantarkan Anda ke dunia ‘Termodinamika Kimia’ yang berisikan entropi, peranannya dalam kimia, dan akhirnya kesetimbangan lagi. Kemudian masuk ke bab kesebelas, Anda akan mempelajari ‘Elektrokimia’, yang terdiri atas reduksi redoks dan contoh-contoh reaksi yang terjadi dalam kehidupan nyata, voltase dan energi bebas, dan oksidasi glukosa. Dan akhirnya, di penghujung buku Anda akan mendapat bab keduabelas, yakni ‘Kimia Organik’, yang membahas satu unsur yang memiliki cabang ilmu kimia sendiri, yaitu karbon. Anda akan dijelaskan mengapa hanya unsur karbon yang bisa saling mengikat dan membentuk rantai panjang, bahan kimia kehidupan yang berkaitan dengan alam dan salah satu cabang ilmu alam lainnya, yaitu biologi. Dengan semua ini, dasar-dasar dari kimia telah tertuntaskan. Materi dalam satu buku ini kira-kira mencakup keseluruhan materi pembelajaran kimia dalam jenjang SMP dan SMA, yang membuatnya sangat menarik sebagai buku pegangan siswa-siswi yang bersangkutan.
    Larry Gonick dan Craig Criddle telah berhasil membuat kimia menjadi pelajaran yang menarik, tidak membosankan, dan menghibur melalui karya mereka, ‘Kartun Kimia’. Maka jika Anda kesulitan mempelajari ilmu alam bertajuk ‘Kimia’, bacalah buku ini dan Anda akan mendapati bahwa kimia juga menyenangkan, bisa menghibur, dan tidak sulit untuk dipahami—selama Anda mempelajarinya dari sumber yang tepat.
    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar