Kartun Kimia | Buku Bagus

Kartun Kimia

  • Jumat, 16 November 2012
  • Katagori : , , , , ,
  • XI IPA 1 - 35 Yani

    Judul : Kartun Kimia
    Penulis : Larry Gonick & Craig Criddle
    Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia
    Tahun Terbit : 2006
    Jumlah Halaman : 250
    Kategori : Kimia
    Teks Bahasa : Indonesia
    Penerjemah : Utti Setiawati
    Penyunting : Andya Primanda


    Kimia, sama halnya dengan fisika, merupakan hal-hal yang terjadi di sekitar kehidupan kita sehari-hari. Hal-hal seperti larutan, listrik, logam, dan sebagainya mempunyai hubungan yang sangat erat dengan kimia. Namun, kimia yang dipelajari di sekolah sering dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit, membingungkan, dan menakutkan. Padahal memahami kimia sangat diperlukan karena kimia adalah bagian hidup manusia. Maka diperlukan suatu cara agar mempelajari kimia menjadi lebih menarik.

    Melalui buku Kartun Kimia, topik-topik pelajaran kimia dibahas dengan kalimat-kalimat yang lebih ringkas sehingga pembaca lebih cepat dan mudah memahami isi buku. Setiap topik dilengkapi dengan ilustrasi yang sangat menarik, berupa teks dan gambar yang kocak. Ilustrasi tersebut sangat mendukung dalam memahami konsep dasar ilmu kimia dan membuat pembaca tidak jenuh.

    Kartun Kimia menerangkan dasar-dasar kimia yang pembahasannya dibagi ke dalam 12 bab, antara lain sejarah ilmu kimia, sifat-sifat unsur, ikatan kimia, reaksi, wujud zat, larutan, asam-basa, elektrokimia, stoikiometri, dan kimia organik. Setiap bab disajikan dengan ilustrasi yang sederhana, jernih, dan penuh humor.

    Topik-topik yang dibahas memiliki kandungan sains yang bermutu meskipun disajikan dengan penuh humor. Adanya ilustrasi gambar membantu pembaca memahami penjelasan yang diberikan. Bahasa yang digunakan juga ringkas, padat, dan tidak berbelit-belit sehingga pembaca tidak kesulitan dalam memahami maknanya.

    Namun untuk memahami konsep-konsep kimia yang dibahas di dalam buku ini, pembaca tetap harus memiliki minat yang tinggi terhadap kimia. Karena meskipun telah disajikan dalam bentuk yang sangat menarik, pengertian ilmiah pembaca tetap diperlukan.
    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar