Dasar-dasar Ilmu Tanah | Buku Bagus

Dasar-dasar Ilmu Tanah

  • Kamis, 15 November 2012
  • Katagori : , , , , ,
  • Gabriella Clarissa XI IPA 1/11


    Judul: Dasar-dasar Ilmu Tanah

    Pengarang: Dr. Ir. Kemas Ali Hanafiah, M.S.

    Penerbit: RajaGrafindo Persada

    Tebal: 360 halaman

    Tahun Terbit: 2005


    Buku ini berisi mata kuliah tentang tanah. Tanah yang dibahas ini dilihat dari berbagai sudut pandang, yaitu pembentukan, sifat dasar tanah, tingkatan kesuburan. Tanah merupakan kumpulan unsur kimia. Buku tentang ilmu tanah ini juga membahas unsur-unsur kimia dalam tanah sehingga kita dapat mengetahui dan mengenalnya. Selain mengenal unsurnya, ternyata dalam kehidupan kita ini banyak terjadi reaksi kimiadalam tanah dan hal itu dibahas secara detail dalam buku ini. Hidrolisis, hidratasi, dan oksidasi adalah beberapacontoh reaksi yang dibahas di buku itu.

    Karena buku ini memang diperuntukan bagi para mahasiswabidang pertanian, perkebunan, kehutanan, dsb, pokok bahasannya lebih banyak tentang tanah dibanding tentang kimia. Namun dari itu juga kita dapat menambah pengetahuan kita di bidang lain. Kumpulan reaksi kimia terutama yang terjadi dalam tanah dapat dipelajari dengan membaca buku ini. Di akhir setiap bab terdapat soal tentang bahasan dalam bab tersebut. Pertanyaan ini memang berguna sekali bagi para mahasiswa dalam mengerti isi dari setiap bab.

    Dalam buku ini juga disisipkan beberapa ayat dari Al-Quran terutama tentang penciptaan awal bumi. Hal ini menunjukkan sifat religius pengarang, cocok untuk umat beragama Muslim. Dilihat dari hubungan tiap bab, persoalan disajikan secara urut dari yang sudah dibahas di bab sebelumnya. Jadi pembaca mengerti jika hal itu dibahas lagi di bab selanjutnya.

    Setiap hal pasti memiliki dua sisi, yaitu kelebihan dan kekurangan. Setelah melihat beberapa kelebihan di atas, buku ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangannnya antara lain, kata-kata yang digunakan kurang mudah dimengerti terutama di kalangan siswa SMA mengingat buku ini memang diperuntukan bagi mahasiswa. Selain itu, ada beberapa kesalahan ejaan seperti “relatip” yang seharusnya “relatif” dan “kalsium” yang seharusnya “kalium”.


    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar