Kimia Dasar I | Buku Bagus

Kimia Dasar I

  • Sabtu, 10 November 2012
  • Katagori : , , , , ,
  • XI IPA 3 – 05 Bernadine Estherline Shafirin

    IDENTITAS BUKU

    Judul buku : Kimia dasar 1
    Penulis : Widi Prasetiawan
    Penerbit : Penerbit Cerdas Pustaka
    Terbit : Februari 2009
    Tempat terbit : Jakarta
    Cetakan : Pertama
    Ukuran : 14,5 cm x 20,5 cm
    Halaman : viii + 306 halaman


    Buku ini adalah buku nonfiksi sains. Buku ini disusun dari berbagai sumber dan juga dari pengalaman penulis. Selain ditujukan untuk mahasiswa kimia, buku unu juda dapat digunakan oleh pelajar SMA. Isinya tentang pengetahuan dasar kimia yang menjadi syarat untuk menguasai ilmu-ilmu modern. Materi yang dibahas antara lain stokiometri, termokimia, struktur elektronik atom, ikatan kimia, dan masih banyak lagi.
    Seperti kita ketahui ilmu kimia adalah ilmu yang sulit untuk dipelajari, hal ini disebabkan karena ilmu kimia mempelajari tentang hukum dan teori yang imajinatif, yang tidak dapat dilihat kasat mata. Kimia berhubungan dengan interaksi materi yang melibatkan dua zat atau lebih, yang dapat mengubah dua zat menjadi satu atau berubah menjadi zat yang lain.
    Dari segi organisasinya, buku ini sangat baik. Kerangka buku sangat jelas, karena tingkat kesulitan materti disusun dari yang paling dasar hingga yang rumit. Bagian yang satu dan bagian berikutnya saling berhubungan, sehingga para pelajar atau mahasiswa yang membaca buku ini dapat dengan mudah mencari bagian yang dicari.
    Untuk segi isi, buku ini cukup baik. Materi-materi yang ada dibahas dengan cukup serius. Pokok-pokok persoalan dianalisis cukup baik dan mendalam. Setiap materi diberikan latihan soal sehingga pembaca dapat mengetahui mereka sudah cukup memahami materi atau belum.
    Dari segi bahasa, bahasa yang digunakan baik. Bahasa yang digunakan denotatif namun pilihan kata yang digunakan sangat ilmiah, sehingga hal ini justru membuat pembaca sulit memahami maksud dari penulis. Struktur kalimat juga sudah baik, namun agak bertele-tele.
    Untuk segi teknis, buku ini sudah baik. Untuk sampul luar dari segi desain baik, pemilihan gambar juga tepat. Untuk penataan di dalam juga rapi, ukuran dan jenis tulisan mudah dibaca. Namun ada beberapa halaman, yang mungkin karena kesalahan cetak, yang miring dan terlalu ke pinggir sehingga merusak tampilan yang sudah baik. Dalam buku ini juga disertakan gambar dan ilustrasi yang dapat membantu pembaca agar semakin memahami isi buku ini.
    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar