My Dream in Chemistry part Three | Buku Bagus

My Dream in Chemistry part Three

  • Kamis, 15 November 2012
  • Katagori : , , , , ,
  • XI IPA 1 - 3 Angela Rosali

    My Dream in Chemistry part Three
    No. ISBN : 978-602-807-116-1
    Penulis : Setiyana
    Penerbit : TINTA EMAS Publishing
    Tanggal Terbit : January 2009
    Jumlah Halaman : vii + 136
    Jenis Cover : Softcover
    Dimensi (LxP) : (19,2 x 25,2) cm
    Kategori : Kimia
    Text, Bahasa : Indonesia

    My Dream in Chemistry part Three merupakan buku yang membahas ilmu-ilmu kimia yang disajikan untuk siswa SMA kelas II semester I. Kimia merupakan salah satu pelajaran yang sangat penting untuk dipahami dan dipelajari karena kimia ada dimana-mana. Buku ini membawa kita belajar kimia sambil bersenang-senang. Dari buku ini, kita diajak untuk lebih ilmiah dalam memahami kimia dengan cara yang menyenangkan. Buku ini menghadirkan kemasan yang menarik dan menggunakan konsep Diary sehingga saat membacanya akan seperti membaca buku catatan sendiri dan lebih mudah mengerti karena lebih ringkas namun padat dan berisi.
    Buku ini memuat tentang :
    • Mekanika Kuantum
    • Konfigurasi Elektron
    • Bentuk Molekul dan Gaya Antarmolekul
    • Dasar-dasar Teoridinamika
    • Entalpi Reaksi
    • Laju Reaksi dan faktor yang mempengaruhi
    • Kesetimbangan Dinamis
    • Harga Tetapan Kesetimbangan
    Kelebihan buku ini secara umum, buku ini memiliki struktur yang baik dan menarik namun tetap tearah. Buku ini dikemas dan disajikan dengan konsep Diary dengan menampilkan warna yang terang dan cerah sehingga dengan begitu kita tidak merasa bosan saat membacanya. Buku ini merupakan salah satu inovasi terbaru dalam mempelajari ilmu-ilmu kimia karena disajikan semenarik dan seringkas mungkin dibandingkan dengan buku-buku kimia lainnya. Pembahasan ilmu kimia dalam buku ini dilengkapi dengan peta konsep dan kegiatan-kegiatan inovatif sehingga membantu terhadap pemahaman materi yang dipelajari dan juga dihadirkan beberapa evaluasi atau latihan disertai jawaban di bagian akhir untuk mengetahui seberapa paham kita mengerti tentang materi tersebut. Kemasan luar dan dalam buku ini terlihat seperti majalah dan terdapat gambar-gambar yang membuat kita semakin paham. Penulisan tentang pembahasan materi cukup singkat karena diringkas sedemikian mungkin sehingga hanya memuat point-point penting dan rumus-rumus. Ini disebabkan karena anak-anak modern zaman sekarang lebih senang memahami sesuatu dengan gambar-gambar dan contoh-contoh yang konkrit yang sekiranya terjadi di kehidupan sehari-hari yang lebih mudah dimengerti serta tulisan yang tidak terlalu banyak. Terdapat juga beberapa pengetahuan-pengetahuan umum yang selayaknya kita tahu tentang kehidupan yang ada di sekitar kita karena ilmu kimia tidak pernah lepas dari kehidupan kita diamana pun kita berada. Dengan begitu, belajar kimia pun menjadi tidak sesulit yang kita kira karena kita menyukai buku yang kita pelajari.
    Di samping kelebihan-keleihan tersebut, terdapat pula beberapa kekurangan. Buku ini menggunakan tampilan dengan konsep majalah dan Diary sehingga ada beberapa halaman yang terkesan berantakan karena gambar tidak tersusun rapi. Buku ini merupakan salah satu inovasi terbaru dalam mempelajari ilmu-ilmu kimia yang disajikan semenarik dan seringkas mungkin sehingga kadang ada beberapa hal-hal penting atau pengetahuan yang terlewat karena buku ini terlalu meringkas. Buku ini juga memuat beberapa soal evaluasi atau latihan di bagian akhir, namun tidak disertai dengan penjelasan sehingga jikalau kita tidak mengerti tentang apa maksud dari soal tersebut, kita tidak bisa menjawab dan tidak mengerti bagaimana menyelesaikan soal tersebut.
    Menurut saya, buku ini sangat menarik untuk dibaca dan dipelajari karena tampilan dan kemasan yang menarik. Biasanya orang melihat terlebih dahulu apakah buku itu menarik atau tidak untuk dibaca dari kemasan luar dan penyajiannya, maka karena tampilan buku ini menarik maka akan menarik perhatian orang untuk membaca buku ini. Materi-materi yang disampaikan cukup jelas dan menjelaskan pada point-point pentingnya saja dan banyak memuat gambar-gambar, contoh konkrit, cerita yang terkait dengan esensi materi dan beberapa evaluasi. Buku ini dibuat dengan konsep Diary sehingga saat membacanya sepeti membaca buku catatan sendiri. Jika kita menyukai apa yang kit abaca dan pelajari maka semuanya akan lebih mudah untuk dihafal dan dipahami yang nantinya kan bermanfaat suatu saat nanti.
    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar