Kartun Kimia | Buku Bagus

Kartun Kimia

  • Kamis, 15 November 2012
  • Katagori : , , , , ,
  • XI IPA 1 - 14 Jessi

    Judul : The Cartoon Guide To Chemistry
    Pengarang : Larry Gonick & Craig Criddle
    Penerbit : HarperCollins Publishers, Inc.
    Tahun terbit : 2005
    Cetakan : Cetakan pertama
    Jumlah Halaman : iv + 250

    Belajar adalah sesuatu yang harus dinikmati bukan ditakuti atau bahkan dihindari. Karena hidup adalah sebuah proses pembelajaran. Demikian pula untuk sebagian besar remaja (para pelajar) yang setiap harinya akan selalu singgah di halaman-halaman buku pelajaran, misalkan saja pelajaran kimia. Beberapa dari kita mungkin menyukai pelajaran ini, dan mungkin juga tidak menyukainya. Tapi kali ini, kita akan dibawa pada suatu dimensi baru dimana belajar kimia menjadi sesuatu yang menyenangkan dan akan lebih mudah untuk dipahami.
    Buku yang memiliki sampul dengan gambar yang menarik ini adalah pintu gerbang bagi kita untuk memasuki dunia kimia. Buku ini akan menuntun kita untuk mengenal dan memahami apa itu kimia dan bagaimana kimia yang pada dasarnya selalu berhubungan dengan manusia dan lingkungan di sekitarnya. Kita diajak untuk lebih dalam peduli pada kejadian – kejadian yang ada di sekitar kita, misalkan saja, mengapa bisa terjadi api? Apakah hubungannya masak-memasak dengan reaksi kimia? (hal 1-5). Apa itu mol? (hal 72-73). Proses netralisasi, titrasi, pH (hal170-184), dan lain sebagainya.
    Buku ini terdiri dari 12 bab, mulai dari pengenalan awal kandungan dalam materi (Chapter1), pengenalan atom, materi logam dan non logam, reaksi kimia, konsep mol, senyawa, larutan (Chapter 2-6), termokimia, reaksi redoks, ikatan karbon (Chapter 8-12), bahkan sedikit menjelaskan tentang penggunaan logaritma dalam kimia, serta dilengkapi dengan indeks yang memudahkan bagi kita dalam menemukan suatu pokok pembahasan. Setiap bab demi bab saling berkaitan, sehingga jika ingin mengerti lebih dalam, ada baiknya di baca dari awal hingga akhir.
    Dalam buku ini kita diajarkan untuk mengenal tentang kimia dari dasar hingga hal – hal yang semakin kompleks. Kimia adalah pengetahuan mengenai hal-hal misteri yang sebenarnya bisa dijelaskan, tentang materi-materi yang tersembunyi. Kimia adalah salah satu jawaban dari berbagai macam pertanyaan mengenai materi yang ada di dunia, dan reaksi kimia merupakan sebuah proses transformasi yang membuat sesuatu yang tersembunyi itu menjadi sesuatu yang diketahui oleh banyak orang. Itu sebabnya pada zaman dulu, orang yang dapat membuat api dengan menggosokan dua buah batu adalah sesuatu yang menarik perhatian.
    Perkembangan kimia bisa dikatakan memakan waktu yang panjang dan melibatkan para ilmuwan – ilmuwan yang terkenal pada masanya. Sejarah kimia dimulai oleh para pemikir Yunani kuno, seperti Democritus yang meyatakan bahwa “materi dapat dibagi – bagi menjadi bagian yang lebih kecil, hingga sampai pada titik tertentu dimana tidak dapat dibagi lagi = Atom (tidak dapat dibagi)”. Seiring dengan waktu, adapun filsuf Yunani lainnya, yaitu Heraclitus yang menyatakan bahwa “segala sesuatu terbuat atau berasal dari api”. Tapi kedua pemikiran tersebut menimbulkan banyak pergunjingan, seperti atom tidak dapat terlihat dan penjelasan bahwa sesuatu berasal dari api merupakan suatu keanehan. Kemudian muncul pemikiran baru dari seorang filsuf terkenal, yaitu Aristoteles yang menyatakan bahwa ada empat elemen di bumi, yaitu api, air, udara, dan tanah. Dengan berbagai alasan, pemikiran Aristoteles-lah yang banyak mempengaruhi perkembangan kimia.
    Kimia semakin menarik perhatian, hingga muncul para ilmuwan – ilmuwan lainnya, seperti John Dalton yang mengemukakan model atom pertama, adanya penemuan electron, proton, dan neutron yang merupakan partikel penyusun atom, hingga ditemukannya berbagai macam unsur, seperti hydrogen (H2), oxygen (O2), dan lain sebagainya. Unsur – unsur tersebut kemudian disusun dalam suatu table periodic yang kita kenal sekarang. Dalam pembelajaran selanjutnya, kita akan dibawa untuk mengenal apa itu reaksi kimia? Dan mengapa hal tersebut bisa terjadi? Dan apa yang bisa dihasilkan dari proses reaksi tersebut? Beberapa bagian dalam buku ini, terutama tentang kalor, akan sedikit membawa kita untuk mengetahui hubungan antara fisika dan kimia.
    Kemudian semakin dalam kita akan dikenalkan pada reaksi penggaraman dan proses penghitungan kadar asam dalam suatu larutan, termokimia (perubahan entalpi), hingga akhirnya kita akan dikenalkan beberapa contoh penerapan pengetahuan akan kimia dalam kehidupan sehari-hari, misalkan saja proses fotosintesis.
    Larry Gonick & Craig Criddle sebagai penulis buku ini mampu menyampaikan materi yang dirasa membosankan ini menjadi sesuatu yang menarik. Hal menarik tersebut bahwa sebagian besar isi buku ini memuat gambar-gambar kartun yang menerangkan penjelasan sang penulis. Bisa dikatakan penyajian dalam bentuk ini akan sangat menarik perhatian dan tentunya menghilangkan kebosanan karena semakin lama kita membacanya akan membuat kita semakin ingin mengetahui akhir ceritanya, mirip dengan ketika kita membaca sebuah komik. Selain itu gambar dan keterangan tersusun secara sistematis.Itulah yang menjadi kelebihan dari buku ini, bukan untuk membuat kimia dihindari, tapi untuk disenangi. Metode pembelajaran seperti ini memiliki nilai lebih dibandingkan dengan membaca buku – buku pelajaran kebanyakan ini yang hanya berisi tulisan-tulisan dari awal hingga akhir.
    Namun segala sesuatu tidak ada yang sempurna, demikian pula dengan buku ini. Hal yang menjadi catatan penting yang perlu kita ketahui dalam membaca buku ini adalah bahwa bahasa yang digunakan bukanlah bahasa Indonesia, melainkan bahasa Inggris. Ini akan menjadi sedikit kendala bagi kita ketika ingin mulai membaca atau bahkan memahaminya. Meskipun demikian, ketika kita mampu melihat sisi positifnya, bahwa selain belajar kimia, kita juga diajak untuk bisa menggunakan dan memahami bahasa Inggris karena dunia kebanyakan ini menerbitkan buku – buku dalam bahasa Inggris. Selain itu kendala lainnya adalah jumlah halamannya yang terlalu banyak, sehingga kecenderungan untuk bosan bisa muncul.
    Dari segi bahasa, disamping penggunaan bahasa Inggris, gaya bahasa yang disajikan penulis tidak menggunakan bahasa yang terlalu panjang lebar, tetapi dengan bahasa yang padat dan lebih singkat. Dengan demikian, perhatian kita tidak saja terhadap gambar, tetapi juga pada keterangan – keterangan yang merupakan inti pembelajaran kimia.
    Dibandingkan dengan buku kimia lainnya, buku ini merupakan salah satu buku panduan yang dituliskan dengan penyajian yang menarik dan tentunya bermanfaat bagi kita yang ingin mengenal dunia kimia, terutama para pelajar untuk semakin mengerti dan tentunya menambah wawasan.
    Tidak perlu mejadi seorang professor untuk mengerti isi dari buku ini karena dalam buku ini dasar-dasar kimia dijelaskan dalam konsep yang lebih mudah dimengerti. Tapi minat dan kemauan untuk belajar menjadi kunci pokok. Buku ini sebagai sarana/media bagi kita untuk mengembangkan potensi dan berlari menyongsong pada hal-hal yang perlu kita ketahui. Pada akhirnya, pilihan ada di tangan Anda.
    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar