Efek Toksik Logam | Buku Bagus

Efek Toksik Logam

  • Senin, 12 November 2012
  • Katagori : , , , , ,
  • XI IPA 1 / 18 Levi

    EFEK TOKSIK LOGAM
    Pencegahan dan Penanggulangan Pencemaran

    No. ISBN : 978-979-29-0448-2
    Penulis : Dr.Wahyu Widowati, Ir.,M.Si, Dr.Astiana Sastiono, Ir.,M.Sc, Dr.Raymond Jusuf R.,M.Si
    Penerbit : Andi Publisher
    Tanggal Terbit : Desember 2008
    Jumlah Halaman : 16x23, xx+412
    Berat Buku : 0.5 kg
    Jenis Cover : Softcover
    Dimensi (LxP) : 19 x 24
    Kategori : kimia
    Text, Bahasa : Indonesia

    Pembangunan dibangun secara pesat di Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, namun muncul dampak negatif untuk lingkungan hidup. Misalnya efek-efek dari toksik yang dihasilkan logam karena digunakan secara berlebih. Buku ini membahas tentang logam-logam yang mayoritas mencemari alam kita berikut bentuk, kondisi, manfaat, efek desfisiensi dari logam, kadar batas yang aman untuk manusia, beserta cara menanggulangi pencemaran dan pencegahannya.
    Logam dibagi jadi dua, yaitu logam esensial (dibutuhkan oleh tubuh) dan logam nonesensial (dibutuhkan untuk peralatan sehari-hari). Umumnya penggunaan logam pada jumlah yang kecil (dosis yang rendah) berguna pada kehidupan sehari-hari manusia, misalnya sebagai pemenuhan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh dan salah satu bahan yang digunakan untuk meracik obat. Logam juga sangat berguna dalam menunjang kehidupan manusia, misalnya: Arsen (As) digunakan untuk pestisida, pupuk, alat listrik; Kromium (Cr) dapat digunakan untuk bahan dasar pembuatan cat, anti korosif (memberi warna cermelang pada perkakas logam), leather tanning, water treatment; Nikel (Ni) digunakan untuk campuran pada industri logam, misalnya pembuatan stainless-steel, baterai kering dan lainnya. Begitu pula dengan logam lainnya, Kobalt (Co) dapat digunakan untuk pembuatan keramik, kaca, perhiasan berlian, serta bahan magnet yang kuat untuk loudspeaker dan microphone; Timbel (Pb) sebagai bahan baterai untuk mobil; Tembaga (Cu) untuk kawat listrik; Merkuri (Hg) untuk bahan pelarut emas; dan seng (Zn) yang berguna untuk pelapis kaleng dan bahan bangunan.
    Namun sesuatu yang berguna bila dipakai berlebihan dapat mengakibatkan kerugian. Logam yang tadinya dapat berguna untuk kesehatan dapat mengakibatkan kerusakan serta gangguan dalam organ tubuh manusia bila digunakan belebihan. Begitu pula dengan logam yang berguna untuk pembangunan dapat mengakibatkan pencemaran di bumi kita yang menjadi tempat tinggal kita.
    Secara umum, buku Efek Toksik Logam (yang nantinya akan disebut dengan ETL) memiliki struktur yang baik dan terarah. Buku ini tersusun dari 15 bab yang setiap babnya membahas tentang penjelasan dari logam, efek-efek dari penggunaan yang berlebihan beserta dengan solusinya, juga dalam setiap babnya terdapat kesimpulan yang merangkum semua isi dari bab tersebut. Ukuran dan jenis tulisannya membuat buku ini enak dibaca. Bahasa yang digunakan baku dan juga ilmiah karena seharusnya buku ini ditujukan untuk mahasiswa Jurusan Biologi, Kimia, Matematika, Pertanian dan untuk mereka yang mengambil mata kuliah Toksikologi, Lingkungan dan Ilmu Gizi. Walaupun demikian, isi dan penjelasan dari buku ini sangat jelas, didukung oleh adanya glosarium di bagian belakang buku ini.
    Buku ETL ini tidak luput dari kekurangan. Gambarnya tidak berwarna sehingga apa yang ditampilan kurang jelas. Beberapa kesalah-pengetikan juga muncul dari buku ETL ini, namun tetap dapat dimengerti karena bukan kesalahan prinsip, hanya kesalahan dari pengetik saja (human error).
    Harapan dari penulis ETL ini sangat tersirat, yaitu agar muncul kesadaran dari kita semua, bahwa dalam kehidupan, kita tidak terlepas dari logam yang bersifat toksik yang kini terasa mengancam karena pencemaran efek dari toksik ini sudah mengkhawatirkan. Sehingga khususnya untuk para mahasiswa untuk mengembangkan ilmu toksikologi dan melakukan penelitian dibidang pencemaran lingkungan yang dapat membangun bumi ini.
    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar