Kartun Kimia | Buku Bagus

Kartun Kimia

  • Kamis, 08 November 2012
  • Katagori : , , , , ,
  • Maria Yosephine Nadia Putri
    XI IPA 3 / 18


    Judul : Kartun Kimia
    Pengarang : Larry Gonick & Craig Criddle
    Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia (KPG)
    Halaman : vi + 250 halaman
    Tahun Terbit : Desember 2008

    Pelajaran kimia termasuk pelajaran yang dianggap cukup sulit oleh murid-murid SMP maupun SMA. Diperlukan pemahaman yang mantap dan mendasar agar dapat mengerti keseluruhan pelajaran yang diberikan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah media - selain buku paket yang diberikan sekolah - yang dapat membantu pelajar memahami pembahasan yang ada di pelajaran kimia. Buku 'Kartun Kimia' adalah salah satu buku referensi yang bagus untuk mengembangkan pengetahuan kita tentang pelajaran kimia. Bahasa yang digunakan cukup formal tapi tetap mudah dimengerti karena dibuat dalam bentuk percakapan antar tokoh utamanya.
    Suatu karya pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, termasuk buku ini. Kekurangan pertama yang dimilikinya adalah gambar yang hitam-putih sehingga pembaca menjadi mudah jenuh karena tidak ada warna yang menarik perhatian. Selain itu ada beberapa bagian yang susunannya kurang jelas sehingga membuat pembaca bingung harus membaca dari bagian yang mana terlebih dulu.
    Walaupun ada beberapa kekurangan, buku ini jelaslah memiliki kelebihan dan keunggulan jika dibandingkan buku referensi lainnya. Contoh kelebihannya adalah buku ini menggunakan gambar untuk menjelaskan hal-hal yang bersifat teoritis sehingga pembaca bisa memiliki gambaran yang lebih jelas tentang hal tersebut. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan contoh pembahasan soal di beberapa bab yang dapat membuat pembaca dapat lebih memahami topik yang sedang dibahas. Kelebihan yang paling penting adalah topik-topik yang terdapat di buku ini sesuai dengan pelajaran murid SMP dan SMA sehingga buku ini dapat digunakan secara efektif.
    Akhir kata, menurut pendapat penulis buku ini merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan bacaan tambahan dalam mempelajari mata pelajaran kimia sebab sifatnya yang edukatif sekaligus menghibur karena dilengkapi dengan gambar dapat menjadikannya sebagai sarana yang membuat belajar kimia menjadi lebih menyenangkan.
    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar