Kartun Kimia | Buku Bagus

Kartun Kimia

  • Senin, 12 November 2012
  • Katagori : , , , , ,
  • XI IPA 3 - 7 ‏Cindy Bonita

    Judul buku : Kartun Kimia
    Pengarang : Larry Gonick, Craig Criddle
    Penerbit : Jakarta; KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 2006
    Tebal : 250 halaman + VI

    Kimia merupakan salah satu pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari, karena kimia bersangkutan dengan kehidupan kita sehari-hari. Kimia ada dimana-mana, tidak hanya ada di laboratorium, tetapi melainkan ada di sekitar kita. Di kamar, di sekolah, di kelas, bahkan di dalam tubuh kita sendiri. Tetapi agak sulit membayangkan kimia semacam apa yang terjadi di sekitar kita itu bila tidak dipandu dengan baik dan juga menarik. Tampaknya, inilah tujuan Larry Gonick dan Craig Criddle membuat buku kimia yang menarik untuk dipelajari dalam bukunya yang yang berjudul Kartun Kimia.
    Buku ini berisikan sejarah kimia, teori kimia, percobaan dan juga perhitungan kimia. Bila biasanya mempelajari sejarah dan teori merupakan sesuatu yang sulit untuk dipahami, buku ini merupakan pilihan yang tepat untuk mempelajari hal tersebut. Di dalam buku ini terdapat sejarah mengenai pertama kalinya reaksi kimia terjadi di zaman purbakala, lalu semakin lama berkembang menjadi teori-teori kimia yang awal mulanya dikembangkan oleh filsuf Yunani. Muncullah teori atom dan percobaan-percobaan serta penemuan-penemuan yang menjadikan kimia maju seperti saat sekarang ini.
    Hal yang membuat buku ini menarik adalah dengan adanya gambar-gambar dan improvisasi dialog oleh pengarang yang bisa membuat kita tertawa terbahak-bahak dan tertarik untuk membaca kelanjutannya, Kartun Kimia menerangkan dasar-dasar kimia antara lain sejarah ilmu kimia, sifat-sifat unsur, ikatan kimia, reaksi, wujud zat, larutan, asam-basa, elektrokimia, stoikiometri, dan kimia organik. Tentu saja, semuanya disampaikan melalui ilustrasi yang sederhana serta penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Tetapi sayangnya, di dalam buku ini melibatkan terlalu banyak tokoh sehingga kita dibuatnya bingung, dan juga penjelasannya tidak terlalu terinci dan tidak terlalu mendalam. Namun secara keseluruhan, buku setebal 250 halaman ini cocok untuk pembelajaran kimia dasar, terutama bagi yang baru saja memulai pelajaran kimia.
    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar