Burung-Burung Kecil | Buku Bagus

Burung-Burung Kecil


Membaca buku ini mengingatkan pada sinopsis Rumah Seribu Malaikat yang ditulis oleh Yuli Badawi dan Hermawan Aksan. Walaupun saya sendiri belum membaca buku tersebut, tetapi keduanya memiliki kemiripan, yaitu memiliki ketulusan hati untuk menampung anak-anak yang kehilangan kasih sayang.

Hanya saja, buku ini lebih bersifat fiksi, di mana terdapat tokoh yang dipanggil Ibu, yang bersedia memberikan tempat dan kasih sayangnya untuk anak-anak jalanan atau anak yang dititipkan oleh orang tuanya yang tidak mampu. Ibu yang memiliki lima rumah penampungan berusaha memenuhi segala kebutuhan ‘anak-anak’nya dengan segala keterbatasan dan bantuan donatur. Salah satu ‘anak’ yang teramat disayanginya adalah Eges.

Eges adalah bocah yang bercita-cita menjadi orang kaya yang bisa membuat ‘hujan’ duit. Sosoknya menjadi gambaran kehidupan jalanan dengan karakternya yang terkesan jumawa tapi tetap membutuhkan kasih sayang Ibu. Berbeda dengan bocah yang lain, Eges lebih cenderung memilih untuk tidak menetap di rumah singgah, hanya sekadar mampir ketika merindukan Ibu dan mengisi celengan.

Buku yang ditulis Kembangmanggis, nama pena dari Baby Ahnan ini, banyak berkisah tentang kehidupan jalanan dan rumah penampungan ini juga menunjukkan bagaimana Ibu ketika harus berhadapan dengan kenakalan anak-anak. Seperti ketika Ibu mengadakan sayembara menjaga jambu air tetangga untuk mensiasati kebiasaan mereka mengambil buah tersebut, atau ketika Ibu menunjukkan ketegasannya dalam menghadapi Udin yang kerap bermasalah.

Kisah Burung-burung Kecil merupakan naskah pemenang Sayembara Mengarang Novelet majalah FEMINA, tahun 1990, yang kala itu diketuai oleh Prof. Dr. Umar Kayam dan dikoordinir oleh Soekamto S.A. Sebagai pemenang, kisah dalam buku ini memang menawarkan sesuatu yang spesial di balik kesederhanaan alur cerita. Walaupun ceritanya anak jalanannya tidak segahar Daun di Atas Bantal, saya rasa cerita dalam buku ini sangat layak untuk dijadikan film yang sekiranya akan sangat menarik dan menggugah.

Judul : Burung-Burung Kecil
Penulis : Kembangmanggis
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : Juni 2002
Tebal : 120 halaman
Harga : Rp. 7.000 [Event Gramed]


lintasberita

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar