Tips Memilih Buku Yang Baik dan Berkualitas | Buku Bagus

Tips Memilih Buku Yang Baik dan Berkualitas

  • Jumat, 10 Juni 2011
  • Katagori : , , ,
  • Jika anda yang suka membaca maupun yang tak suka membaca. Berikut ini saya akan memberikan tips bagaimana cara memilih buku yang berkualitas bagi anda, agar buku yang anda ingin miliki berkualitas. Sebab kita ketahui bahwa dalam memilih buku yang berkualitas memang sangat susah. Bila ditinjau dari peringkatnya, memilih buku yang berkualitas ternyata mudah, mau tau bagaimana kiat agar bisa tetap memiliki buku yang berkualitas tanpa harus terlalu lama menghabiskan waktu memilih buku –buku yang sangat banyak jenisnya.

    Berikut ada 8 tips cara memilih buku yang baik.

    1. Siapa penulisnya?

    Jika Anda suka membaca, Anda tentu memiliki penulis favorit. Biasanya penulis favorit tidak mengecewakan pembacanya.

    2. Lihat penerbitnya.

    Penerbit yang sudah punya nama, biasanya akan menerbitkan buku yang bagus untuk menjaga reputasi.

    3. Rekomendasi teman atau komunitas.

    Rekomendasi teman yang sama-sama suka membaca dan rekomendasi dari komunitas perbukuan kadang perlu dipertimbangkan. Karena rekomendasi dari mereka biasanya tidak ada dasar kepentingan ekonominya, misalnya agar buku A cepat laku atau semacamnya.

    4. Lihat judul dan subjudulnya.

    Buku yang menarik biasanya judulnya juga menarik dan tidak biasa. Subjudul juga membantu menjelaskan isi buku, terutama kalau judulnya terlalu pendek.

    5. Bacalah daftar isi dan pendahuluannya.

    Daftar isi dan pendahuluan biasanya cukup menggambarkan buku itu seperti apa. Di situ pengarang biasanya menjelaskan buku itu tentang apa, ditulis untuk siapa dan apa tujuannya.

    6. Jangan terlalu percaya pada endorsement yang ada di sampul buku.

    Endorsement yang ada di sampul buku biasanya hanya berupa pujian yang sengaja diminta oleh pengarang atau pihak penerbit. Dengan begitu, endorsement tidak objektif.

    7. Bacalah ulasan tentang buku itu sebelumnya.

    Selain dari resensi di media massa, sekarang sudah ada beberapa blog yang berisi ulasan tentang buku. Blog yang baik akan memberikan ulasan yang cukup jelas dan objektif. Ulasan buku juga kadang hanya memuji dan bagian dari marketing. Kalau mau lebih pasti, bandingkanlah antara ulasan yang memuji dan mengkritik. Kalau buku terjemahan bisa lihat ulasannya di amazon.com, di sana terdapat banyak ulasan, dan di antaranya banyak yang objektif.

    8. Pilih Buku yang bermanfaat

    Pilih buku yang sesuai dengan usia dan kebutuhan kita sebagai pelajar. Jangan memilih buku-buku yang tidak seharusnya dibaca oleh seorang pelajar. ^_^

    Moga-moga ketujuh tips itu bisa membantu dalam membeli buku, jadi kita tidak kecewa dan tentu saja dapat meningkatkan semangat membaca kita.



    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar