Novel Andrea Hirata Sebelas Patriot: Banting Tulang Demi Sepakbola | Buku Bagus

Novel Andrea Hirata Sebelas Patriot: Banting Tulang Demi Sepakbola

Inilah novel terbaru Andrea Hirata dengan latarbelakanng cerita seputar sepak bola, Sejak zaman Belanda, sepakbola sudah seperti agama kedua bagi para pemuda di Indonesia. Sedikit berlebihan. Tapi demi mempertahankannya, para seniman lapangan hijau rela mendapat bogem mentah, bahkan tak sedikit pula yang pulang tinggal nama karena dibunuh penjajah.

Kala itu, saat bekerja bahkan di saat mengaji, sepakbola selalu menjadi menu utama perbincangan. Seluruh kampung, tua muda berkumpul bagai sebuah keharusan demi melihat pertandingan sepakbola.

Namun, pemain-pemain Tanah Air selalu dipaksa kalah dalam setiap turnamen melawan kompeni. Pengaturan skor, penyuapan wasit kerap mewarnai persepakbolaan negeri ini. Bahkan hingga saat ini isu tindakan curang seperti itu tak pernah hilang.

Novel 'Sebelas Patriot' karya Andrea Hirata mengisahkan seorang anak dari pulau Belitung, kota kelahirannya. Seorang anak belasan tahun yang bermimpi menjadi pesepakbola PSSI. Ikal namanya, anak dari pesepakbola jempolan pada zaman Belanda.

Kecintaan Ikal pada bola menurun dari sang ayah, yang harus berjalan pincang karena kebiadaban penjajah. Sang Ayah dianggap seorang perusak kehormatan penjajah melalui permainan bola. Seorang pemuda kala itu yang mengobrak-abrik pertahanan kesebelasan kompeni.

Novel ketujuh Andrea Hirata itu juga menceritakan bagaimana para penggila bola rela melakukan apapun demi klub pujaannya. Sedikit lecutan tentunya untuk PSSI yang sampai sekarang masih kisruh terus, ribut melulu.

Andrea menghabiskan waktu dua tahun untuk menyelesaikan novel dengan bahasa bergaya santai ini. Dalam bundel novel itu juga terdapat keping CD, di dalamnya berisi 3 lagu karya Andrea Hirata yang semuanya bertema tentang sepakbola.

lintasberita

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar