Buku Social Media, Pentingkah? - Lomba Resensi Buku Serambi 2011 - ulasan | Buku Bagus

Buku Social Media, Pentingkah? - Lomba Resensi Buku Serambi 2011 - ulasan

  • Jumat, 09 Maret 2012
  • Katagori : , , , , , , ,

  • Judul buku: The Social Media Marketing Book
    Pengarang: Dan Zarella
    Penerjemah: Agung Prihantoro
    Penerbit: Serambi
    Cetakan: Januari 2011
    Tebal: 209 hlm


    Bagi anda yang sudah biasa menggunakan Twitter atau Facebook, tentu saja social media adalah salah satu alat bersosialisasi dan berinteraksi di dunia maya. Namun sebenarnya, lebih daripada itu, social media merupakan alat pemasaran yang paling canggih saat ini. Anda mungkin berpikir, ah..ini pasti buku bisnis yang membosankan, berhubung aku bukan pengusaha, tak perlulah membaca buku ini. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan. Karena siapapun anda, apapun pekerjaan anda, social media telah menjadi bagian penting hidup manusia modern jaman ini. Dan buku The Social Media Marketing Book ini akan mengupas beberapa social media terpopuler yang telah banyak mengubah cara hidup kita dalam bidang sosial, politik, budaya, pendidikan, serta bisnis.

    Social media terpopuler
    Dan Zarella mengupas sembilan jenis social media yang dianggap paling popular saat ini. Masing-masing memiliki karakteristik sendiri, dan mungkin tidak semuanya penting bagi kita. Tapi cukup mengasyikkan juga membaca semua social media ini untuk menambah wawasan, dan mungkin...siapa tahu ada social media jenis baru yang belum pernah kita coba? Buku ini menawarkan cara menggunakannya, fitur-fitur yang ada, sejarahnya, juga kiat-kiat untuk memanfaatkannya bagi kepentingan kita. Yang lebih menarik lagi, Zarella juga mewawancarai para petinggi social media itu untuk mendapatkan saran mereka bagi para pemakai seperti kita. “Suggestion from the first hand” nih! Yuk kita intip ke-9 jenis social media itu. Jangan sampai anda dibilang ketinggalan jaman loh...

    Blogging
    Anda yang membaca tulisanku ini, pasti sudah mengenal blog kan? Tapi apa anda tahu siapa cikal bakal blog, penulis catatan harian pertama di internet? Dan bagi anda yang memiliki bisnis, ternyata blogging itu suatu keharusan lho!...

    Micro Blogging
    Lagi-lagi ini social media yang sedang nge-tren di negara kita. Yes, Twitter! Anda belum punya Twitter? Buku ini akan memandu anda untuk membuat dan menggunakan Twitter. Bagian ini lumayan detail mengulas tentang elemen-elemen Twitter seperti: apa itu retweet, hashtag, dan trending topic. Tak hanya itu, buku ini membahas juga tentang aplikasi-aplikasi pendukung Twitter seperti bit.ly (untuk memperpendek URL) atau TweetDeck. Dan yang lebih penting, Zarella membagikan tips tentang etika ber-tweeting. Jangan sampai saking antusiasnya, anda terus saja membuat twit, tapi lupa untuk 'bercakap-cakap' dengan follower anda, yang merupakan tujuan utama anda membuat akun Twitter!

    Jejaring Sosial
    Bagian ini diwakili oleh Facebook, MySpace dan LinkedIn. Kalau anda ingin menggunakan jejaring sosial, mana yang harus anda pilih? Apakah harus menggunakan semuanya? Buku ini akan menjelaskan secara terperinci, bukan saja sejarah terbentuknya jejaring sosial di internet, tapi juga sifat unik masing-masing jejaring sosial. Tahukah anda bahwa rata-rata user Facebook berusia antara 35-54 tahun? Pantas saja, tampilan Facebook agak formal, antara LinkedIn yang konvensional dan Myspace yang lebih "remaja", demikian menurut Dan Zarella.

    Media Bersama
    Anda pernah nonton video di YouTube? Atau menyimpan foto di Flickr? Keduanya merupakan jenis social media yang bertajuk Media Bersama, selain SlideShare. Bagian ini sangat menarik, karena ternyata kita bisa menggunakan YouTube, Flickr dan SlideShare untuk mendukung marketing produk kita atau perusahaan kita loh! Zarella akan membedah masing-masing media itu sehingga kita akan memiliki gambaran yang jelas tentangnya, juga ide-ide segar untuk kita gunakan demi kepentingan kita. Oh ya, sudah tahukah anda bahwa YouTube itu didirikan oleh tiga orang karyawan situs pembayaran yang terkenal di internet? Bagiku, bagian Media Bersama ini adalah yang paling menarik, karena kita belum banyak mengenal manfaat sesungguhnya dari YouTube, Flickr dan SlideShare.

    Berita Sosial dan Bookmarking
    Mengulas tentang situs-situs seperti Digg, Delicious, Reddit, StumbleUpon. Kalau anda pernah mendapat tips untuk menggunakan semua social bookmarking untuk mengoptimalkan pemasaran, Zarella lebih bijak untuk mengupas satu-persatu karakter situs-situs itu, sehingga anda bisa lebih efektif dan focus menggunakan situs yang benar-benar sesuai dengan target pasar bisnis anda.

    Forum
    Yang satu ini mungkin tak asing bagi kita. Anda sudah pernah mengintip Kaskus, forum terbesar di negara kita kan? Meski bukan sesuatu yang baru, ada yang menarik di bagian: "Haruskah Anda Membuat Forum Sendiri?". Di sini Zarella memberikan sarannya untuk anda, juga daftar software untuk membuat forum sendiri.

    Rating & Review
    Dua social media yang ini kurang populer di negara kita, namun tak berarti mereka tak menarik untuk kita baca. Rating dan Review adalah situs-situs untuk memberikan rating bagi bisnis atau produk. Yang menarik di sini barangkali adalah tips Zarella untuk merespons review negatif. Ini hal yang jarang kita temukan di tutorial social media lainnya.

    Lalu yang terakhir adalah...

    Dunia Virtual
    Media ini sebenarnya tak sesuai untuk kita karena koneksi internet kita yang masih jauh dari sempurna agak menyulitkan untuk bermain di dunia virtual seperti World of Warcraft dan SecondLife. Namun tetap saja bahasan tentang Dunia Virtual ini mengasyikkan untuk disimak, apalagi ditambah dengan gambar-gambar yang disertakan, makin membuat para pecandu game akan memimpikan bisa membangun rumah di SecondLife, rumah virtual tentunya...

    Setelah begitu banyak wawasan kita bertambah, Zarella masih memberikan strategi, saran, taktik serta cara kita memonitor penggunaan social media kita di akhir buku ini. Sudah tepatkah pilihan cara social media marketing kita? Atau jangan-jangan anda selama ini hanya asyik twitter-an saja tanpa menganalisa manfaatnya untuk bisnis atau karier anda? Penutup buku ini jangan sampai anda lewatkan, karena kalau tidak, sia-sia saja kita membaca seluruh buku ini kan?

    Entah mengapa, kali ini aku mampu menghabiskan buku ini sekaligus hanya dalam waktu dua hari (biasanya buku non fiksi bertema bisnis harus kukunyah secara bertahap, yang memakan waktu lama sehingga akhirnya malah tak pernah tuntas kucerna). Namun, The Social Media Marketing Book ini memberi nuansa yang ringan dan akrab pada topik bahasan yang agak serius. Bentuk buku yang melebar kesamping memudahkanku untuk meletakkan buku ini di meja sambil menyimak dan sesekali mengambil pena untuk mencatat yang penting di kertas di sebelah buku. Apalagi Serambi telah bermurah hati menyelipkan sebuah pembatas buku mungil berwarna merah secerah covernya agar lebih mudah menandai buku ini ketika dibawa dalam perjalanan. Sayangnya, penampilan gambar-gambar pendukung yang kadang terlalu kecil agak menyulitkan untuk melihat contoh tampilan sebuah halaman situs. Akan lebih baik mungkin, bila satu halaman diperuntukkan satu gambar, selain lebih memanjakan mata, juga lebih informatif.


    bentuk buku yang melebar + pembatas buku mungil


    Nah, sudahkah anda memanfaatkan keberlimpahan fitur social media bagi hidup anda? Kalau belum, anda bisa memulainya dengan membaca buku sexy ini (oh ya, aku bilang buku ini sexy karena ia ramping namun tetap padat berisi...).


    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar