Buku syarah hadits arba’in - resensi | Buku Bagus

Buku syarah hadits arba’in - resensi


KATEGORI : BEST SELLER
Judul : syarah hadits arba’in

Pengarang : Ibnu Daqiiqil ‘Ied

Penerbit : Pustaka At-Tibyan, Solo

Dimensi : 15.5 X 23.5 cm (Soft Cover)

Tebal : 196 hal.

Harga : Rp. 23,500,-


Sinopsis:

Tidak kurang dari tujuh belas ulama senior sepeninggal Imam An-Nawawi yang telah menulis syarah tentang hadits Arba’in. sekilas nampak sepele, karya Imam An-Nawawi hanyalah cuplikan empat puluhan hadits diantara sekian puluh ribu hadits yang ada. Namun demikian, para ulama antusias memberikan penjelasanya dari hadits-hadits yang dikumpulkan oleh beliau, karena mereka melihat betapa tingginya kejelian dan ketajaman bashirah beliau dalam memilih hadits-hadits Nabi SAW yang kesemuanya adalah merupakan prinsip-prinsip yang agung di dalam Islam, sumbernya ilmu syari’at dan dari sinilah cabang-cabang ilmu berasal.

Kitab ini, laksana “bahrun laa saahila lahu”, bagaikan laut tak bertepi. Sulit diukur kedalamannya, sukar ditebak luasnya dan tak terduga mutiara yang terkandung di dalamnya. Tidak ada satu aspekpun dari bangunan Islam, baik aqidah, syari’at, mu’amalah, akhlak dan ibadahnya melainkan telah tersentuh dalam kitab ini. Wajar saja bila kitab ini menjadi pilihan bagi mereka yang hendak mendalami seluruh aspek dalam Islam, karena memang Islam adalah bangunan yang utuh.

Di antara sekian karya ulama, syarah yang ditulis Ibnu Daqiq Al-‘Ied memiliki keunggulan karena beberapa sebab. Pertama, beliau hidup sezaman dengan Imam An-Nawawi, bahkan usia beliau sedikit lebih tua darinya, sehingga beliau lebih memahami latar belakang Imam An-Nawawi dalam mengambil masing-masing hadits. Kedua, kapasitas beliau dalam hal ilmu dan kepribadian tidaklah jauh berbeda dengan Imam An-Nawawi. Ketiga, dari sisi muatannya, kitab ini adalah yang paling tengah antara yang lebar dan tebal dengan yang paling singkat dan tipis, sehingga pembahasannya cukup fokus, tidak terlalu melebar dan tidak terlalu mengurangi kandungannya. Maka marilah kita simak karya ulama Rabbani ini, agar kita dapat mengarungi samuderanya yang luas, menyelami dasar lautannya yang dalam dan mendulang mutiaranya yang berharga.
lintasberita

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar