Buku Bincang-bincang seputar yasinan, Tahlilan dan maulidan - resensi | Buku Bagus

Buku Bincang-bincang seputar yasinan, Tahlilan dan maulidan - resensi


KATEGORI : BEST SELLER
Judul : Bincang-bincang seputar yasinan, Tahlilan dan maulidan

Pengarang : Abu Ihsan Al-Atsari Al-Maidani

Penerbit : Pustaka At-Tibyan, Solo

Ukuran buku : 14 x 20.5 cm

Tebal : 120 hal.

Harga : Rp. 16.500,-


Sinopsis:

Tradisi adalah agama! Begitulah yang berlaku di tengah masyarakat kita. Begitu banyak 'amalan-amalan' yang diatas namakan agama namun setelah diteliti ternyata tidak ada asal-usulnya dalam agama. 'Amalan-amalan itu tak lebih hanyalah tradisi yang sudah berurat akar dan mendarah daging di tengah manusia. Mana kala berusaha untuk diluruskan mendadak sontak mereka akan menunjukkan reaksi seolah-olah telah melanggar sebuah ritual yang sangat sakral! Kompensasinya, dikucilkan dan dijauhi oleh 'mereka'.

Realita di atas banyak kita temui sekarang ini. Menjamurnya 'amalan-amalan' antah barantah ini menimbulkan keprihatinan kita. Apalagi sebagian dari amalan tersebut ada yang berbau syirik!

Contoh amalan-amalan itu seperti yasinan, tahlilan dan maulidan. Ketiga amalan tersebut sudah sangat kental di negeri ini. Banyak masyarakat menganggapnya sebagai ibadah dan amal kebajikan. Bahkan sudah dianggap ‘sunnah’ oleh sebagian orang, sehingga siapa saja yang mengingkarinya dituduh telah menyelisihi kebenaran. Berbagai alasan mereka hamburkan untuk mendukung amalan-amalan tersebut. Bagi orang awam, alasan-alasan seperti itu mereka terima sebagai kebenaran.

Sejauh mana kebenaran amalan-amalan tersebut dalam pandangan syariat? Bagaimanakah tinjauan para ulama terhadap sebahagian alasan yang mengemuka? Ada apa dibalik amalan-amalan itu? Berbagai pertanyaan menanti jawabannya!
lintasberita

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar