Buku Pak Tua Yang Membaca Kisah Cinta - ulasan | Buku Bagus

Buku Pak Tua Yang Membaca Kisah Cinta - ulasan

  • Senin, 15 Agustus 2011
  • Katagori : , , , , ,


  • Whhooaa.. ternyata lama banget ya ngga update buku. *sok* sibuk sih, wkwk.. sebenernya ada 2 buah buku yang udah selesai aku baca, salah satunya adalah Pak Tua Yang Membaca Kisah Cinta. Ngga ada alesan istimewa untuk mencomot buku ini sebagai bacaan di bulan Juli kemarin, hanya saja aku inget bahwa aku masih punya 2010challenge yang mesti diselesaikan *janji terhadap diri sendiri* dan untunglah buku ini masuk dalam kategori "who are you again" dimana aku harus membaca sebuah buku yang baik judul maupun penulisnya belum pernah aku denger sebelumnya. Tugas yang cukup susah ternyata.

    Eniwei, setelah membaca beberapa halaman awal buku ini, ternyata aku ngga mampu menutupnya sebelum kepepet mau pup *ehehhe* atau makan atau tidur. Buku setebal 116 halaman dan bersampul warna hijau tua ini bener-bener membiusku dengan gaya bahasanya yang sederhana namun justru kesederhanaan itu yang membawa kekayaan dalam isinya.

    Suatu saat, seorang tua yang bernama Antonio Jose Bolivar ini diganggu keasikannya membaca buku-buku tentang cinta. Ia diminta untuk menjadi pemandu bagi warga yang ingin membunuh macan kumbang di pedalaman Amazon. Warga resah, karena macan kumbang ini sudah beberapa kali membunuh beberapa orang dan masih saja terus berkeliaran memburu mangsa.

    Pak Tua tahu, satu-satunya hal yang membuat macan kumbang betina itu marah adalah pembunuhan anak-anaknya secara brutal yang dikuliti dan mayatnya dibuang begitu saja oleh orang-orang bule tidak bertanggung jawab. Dengan berat hati, Antonio berangkat ke pedalaman Amazon dengan segala pergulatan batinnya.

    Di tengah belantara yang liar dan ganas, Antonio tahu tak seharusnya ia ikut dalam perburuan ini. Hati kecilnya mengingkari untuk secara tidak langsung membela orang-orang bule bodoh yang tidak bertanggung jawab itu. Nuraninya tahu bahwa dia dan macan kumbang betina yang sedang berduka ini sama-sama sedang marah pada pihak yang sama. Mereka berdua sama-sama cerdas, sama-sama tahu seluk beluk hutan amazon, sama-sama boleh dibilang kuat, dan sama-sama tak ingin menyerang jika tak diganggu.

    Namun di malam itu, akhirnya pak tua mengakhiri kisah ini dengan tragis. Luis Sepulveda menulisnya dengan penuh perasaan, dan terjemahannya pun sangat lancar dan halus, membuat karakter Antonio yang gigih membaca sangat kuat karakternya, melekat dan menjadi satu dengan kisah yang mengharukan ini.

    Bonne Lecture!

    Judul: Pak Tua yang Membaca Kisah Cinta
    Penulis: Luis Sepulveda
    Penerbit: Marjin Kiri
    Tebal: 116 halaman
    ISBN: 9799998042


    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar