Buku Ensiklopedia Arti Mimpi - resensi | Buku Bagus

Buku Ensiklopedia Arti Mimpi - resensi


[Hard Cover]
Rp 134.000,00


Mimpi sudah lama dipercaya membawa pesan-pesan mistis yang sanggup memberi haluan besar kepada manusia. Mimpi baik, mimpi buruk hanyalah satu dari triliunan takwil, tafsir, personifikasi makna arti dan refleksi dari realitas. Secara psikologi dan spiritual mimpi berguna untuk menautkan masa silam, hari ini dan esok nanti. Sebab, ketika seseorang bermimpi, sewaktu-waktu sukmanya dapat pergi dan putus dari raga. Tuhan tidak mungkin mentransplantasikan sesuatu yang mubazir dan sia-sia termasuk menciptakan mimpi.

Sebagai suara nubuwwah di masa depan, mimpi terkadang mengarahkan jalan sejarah suatu bangsa. Mimpi termasuk wilayah pengalaman pribadi, ia merupakan fenomena universal dan memainkan peranan penting dalam pembentukan kebudayaan manusia. Hampir dapat dipastikan, semua orang pernah bermimpi. Sepanjang catatan sejarah manusia, mimpi dan penafsirannya telah mengilhami orang-orang suci dan para nabi, penyair serta raja-raja, maupun para filosof. Namun tidak semua mimpi adalah benar dan otentik. Mimpi para nabi dan kekasih Allah (auliya) adalah mimpi yang merupakan wahyu dari Allah, yang benar dan sakral. Rasulullah saw. bersabda: "Mimpi yang benar merupakan satu bagian dari empat puluh enam cabang kenabian." Ada sebagian mimpi yang berasal dari setan dan menyesatkan.Mimpi mungkin juga disebabkan oleh masalah-masalah fisik atau psikologis seperti gangguan perut atau gangguan emosi. Karenanya, penting kiranya membedakan mimpi yang benar dari khayalan kosong, dan mimpi ilhami dari godaan setan.

Buku yang ada di tangan pembaca aslinya berjudul Muntakhah al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam ditulis oleh seorang salih yang amat termasyhur dan terhormat, seorang ulama besar dan Sufi agung. Meski buku ini memandang mimpi dan arti pentingnya dari sudut pandang Islam, kebenaran yang menjadi landasannya dan yang disingkapkannya telah diakui sejak dahulu oleh berbagai agama-agama besar di dunia. Buku ini bukan berisi nujum atau sihir. Sungguh sangat bagus untuk dikoleksi!
lintasberita

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar