Buku Life of Pi - ulasan | Buku Bagus

Buku Life of Pi - ulasan

  • Senin, 26 September 2011
  • Katagori : , , , , ,
  • Kehilangan seluruh anggota keluargamu sekaligus, kemudian mendapat sebuah keluarga yang sama sekali baru mungkin adalah mimpi buruk, tapi tidak begitu buruk bagi Piscine Molitor Patel. Setidaknya itu tidak seburuk ketika keluarga barumu adalah sekumpulan binatang: Seekor Harimau seberat 225 kg, seekor zebra, seekor orang utan, dan seekor hyena yang kelaparan. Seakan belum cukup, Pi--panggilan piscine, harus hidup bersama "keluarga baru"nya selama 7 bulan di tengah samudera pasifik, setelah tragedi yang menenggelamkan kapal yang ditumpanginya menuju Kanada, yang menenggelamkan serta seluruh keluarga dan kenangan-kenangan yang dicintainya.

    Dalam 2 hari saja sejak hidup baru Pi di tengah laut, penumpang sekoci Pi hanya tinggal dirinya dan si harimau. lainnya tumbang dan kalah oleh hukum rimba; siapa yang kuat dia yang makan. Korban terakhir yang jatuh adalah si hyena lapar yang diterkam dengan santai oleh Richard parker, harimau berkulit jingga dan bergigi tajam itu. Tidak mau menjadi korban selanjutnya, Pi mengupayakan segala akal dan tenaga agar mereka berdua dapat hidup berdampingan tanpa saling membunuh.

    Sepanjang 446 halaman dan 100 bab, kisah Pi akan tersampaikan dengan jelas, bagaimana rasa putus asa yang dia alami ketika mengetahui tidak ada kapal penyelamat yang akan datang menjemputnya. Bagaimana rasa kesepian Pi saat menyadari bahwa dia hanya seorang diri ditengah-tengah samudera yang maha luas. bagaimana rasa bahagianya ketika menemukan ransum makanan dan air di dalam loker di sekoci. rasanya kita bisa ikut merasakan tenggorokan yang basah teraliri air ketika Pi yang sudah 3 hari tidak minum menemukan botol air minum berukuran 500 ml. Bahkan kita akan mengikuti bagaimana berdebarnya hari demi hari yang Pi lalui saat mencoba menjinakkan Richard Parker.

    Kisah yang mendebarkan dan penuh petualangan, cocok untuk dongeng sebelum tidur bagi anak-anak. Ngga heran kalau buku ini juga memenangkan the man booker prize 2002. Namun kalau boleh jujur sebenarnya jumlah 446 ini bisa lebih dipadatkan lagi. mungkin penulis ingin memberikan kesan mendalam di setiap kisah dalam hari-hari Pi di laut. namun sebenarnya detail-detail yang mendukung cerita di saat yang bersamaan justru membuat cerita sedikit membosankan. Salah satu kelebihan bahwa penulis mampu memberi sentuhan humor di bagian-bagian tertentu, kadang membuat lupa apakah Pi ini benar-benar hidup di tengah laut bersama seekor harimau dan bahkan pernah tinggal di pulau karnivora.

    Kapal tsimtsum yang tenggelam mungkin tidak akan pernah diketahui penyebabnya, seperti Richard Parker yang menghilang begitu saja saat sekoci mereka akhirnya mendarat di pantai meksiko. Kisah ini abadi, seperti nama Pi yang merupakan sederet angka dibelakang 3,14 yang tak ada habisnya. Yang pasti, seperti ucapqan salah satu tokoh di dalamnya, kisah ini akan membuat orang percaya pada Tuhan.

    bonne Lecture!

    *) you can buy this used book HERE

    Judul: Life of Pi (Kisah Pi)
    Penulis: Yann Martel
    Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama , 2006
    Tebal:  446 halaman
    ISBN: 9792211063

    lintasberita

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Buku Bagus by Dunia Belajar